Es Podeng & Es Doger M.H : Eskrim tradisional yang masih memikat

Halo Cicipers semua, tahu kah kalian dengan Es Podeng? Apa jangan-jangan diantara kalian ada yang masih belum tahu sebelumnya.

Nah, kalau begitu sebelum kita membahas Es Podeng yang kami Cicipin, kita mau ngasih sedikit info tentang asal usul Es Podeng.

Dari segi bahasanya, 'Podeng' berasal dari bahasa Perancis yang artinya putar. Dan dalam bahasa Madura, podeng juga memiliki arti yang serupa.

Konon katanya Es Podeng sudah ada sejak Abad ke-18, pada masa kolonial Belanda. Yah, Belanda dan Prancis kan sekutu tuh, mungkin itu kali yah kenapa bisa diberi nama 'Podeng'.

Pada masa itu ternyata eskrim menjadi makanan yang mahal dan eksklusif. Alhasil muncul kreatifitas dari orang Pribumi untuk menciptakan ekrim sendiri agar semua rakyat bisa menikmatinya.

Terciptalah es krim putar, yaitu es krim dengan bahan dasar santan yang cara pembuatannya diputar-putar secara manual dengan alat khusus. Nah, mungkin sekarang lebih dikenal dengan Es Podeng.

Es Podeng dikenal sebagai Eskrim khas Kota Jakarta. Namun, ada pendapat lain yang mengatakan bahwa es podeng di bawa oleh orang garut ke Jakarta.

Perlu Cicipers semua ketahui juga. Es Doger itu turunannya Es Podeng loh. Cuman yang membedakannya adalah jenis es dan isian (topping) yang digunakan.

Setelah mengetahui sejarah singkat Es Podeng, saatnya kita merasakan kenikmatannya sekarang.

Matahari yang terik di kota Bogor memang paling pas untuk minum yang dingin dan segar. Nah, kebetulan ada Es Podeng. Iya memang di jual di gerobak yang sederhana, namun pelanggannya banyak banget. Tidak jarang harus mengantri untuk bisa mencicipinnya.

Entah kenapa, Es Podeng yang satu ini sungguh enak dan nikmat. Eskrimnya lembut, taburan kacang, alpukat, dan kacang hijau semakin memanjakan lidah.

Satu cangkir Es Podeng dan Es Doger cuman 5 Ribu Rupiah saja. Memang jajanan murah meriah banget kan.

Pokoknya untuk Cicipers semua, yang lagi di Bogor, usahakan beli deh.

Kesimpulan :

1. Rasa : Eskrim Podengnya Juara sih, Lumer di lidah bro. Dan porsinya pun besar (8,5/10)

2. Tempat : berhubunga gerobak, jadi kursinya juga seadanya. Ditambah ramai banget yang beli, jadi bisa-bisa kalian gak bisa duduk (5/10)

3. Pelayanan : Akang yang bikin es sudah mahir dan professional banget kayaknya, jadi gak perlu nunggu lama untuk merasakan kenikmatan Es Podeng M.H ini.


Lokasi : Jl. Cindangiang, Bogor ( Depan Hotel Fave dan Halte Bus Cindangiang Trans Pakuan)

#CicipinYuk

Yang mau Follow Instagram kita bisa juga loh, tuh... tuh... 
https://www.instagram.com/cicipinyuk/

  
Es Podeng

Es Doger
Es Podeng (2)
Es Doger (2)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Es Podeng & Es Doger M.H : Eskrim tradisional yang masih memikat"

Post a Comment